Membawa Terobosan Pembelajaran Diferensiasi dan Digital Card dengan Tema Anti-Bullying, Erma Widayanti Guru SMAN 8 Malang Meraih Predikat Guru Inovatif Terbaik Kategori SMA Tingkat Nasional 2023

Sebagai teladan di bidang pendidikan, Erma Widayanti dari SMAN 8 Malang telah menorehkan prestasi gemilang sebagai Guru Inovatif Terbaik Tingkat Nasional dalam Apresiasi GTK Inovatif Kemendikbud Tahun 2023 kategori SMA. Perjalanan luar biasa Erma dimulai dari tahap seleksi provinsi hingga meraih penghargaan tertinggi di tingkat nasional.

Erma menarik perhatian melalui judul karyanya yang memikat, “Pembelajaran Diferensiasi Dampak Sosial Informatika dengan Tema Anti Bullying di Kalangan Pelajar.” yang diimplementasikan dengan media pembelajaran Digital Card. Karya ini tidak hanya mencerminkan kekreativitasan dan dedikasi Erma dalam mengajar tetapi juga memberikan dampak positif di masyarakat.

Pada tahap awal, Erma bersaing dengan ratusan peserta dalam seleksi tingkat provinsi. Melalui penilaian naskah dan video, Erma berhasil memasuki 10 besar kategori Guru Inovatif SMA. Pentingnya inovasi dalam pendidikan tercermin dalam setiap aspek karya yang dikirimkannya, menjadikan Erma layak untuk maju ke tingkat selanjutnya.

Tantangan berikutnya dihadapi Erma saat seleksi 10 besar di Hotel Haris Malang. Dengan penuh semangat, Erma tampil di hadapan tiga dewan juri dan peserta lainnya dengan presentasi dan wawancara. Keberhasilannya meraih predikat terbaik tingkat provinsi pada tanggal 1 November 2023, menjadi tiket emas untuk mewakili Jawa Timur di tingkat nasional.

Persiapan intensif dilakukan menjelang Puncak Acara Apresiasi GTK Inovatif di Jakarta, dengan dukungan pendampingan oleh BBGP Jawa Timur selama 3 hari di Golden Tulip Batu.Berbagai aspek persiapan, termasuk konten presentasi dan kesiapan mental, dipersiapkan dengan matang. Semangat dan tekadnya membawa semangat luar biasa untuk mencapai prestasi terbaik.

Kegiatan Apresiasi Guru Inovatif berlangsung di Milenium Hotel Sirih Jakarta pada tanggal 20-26 November 2023. Representatif dari provinsi-provinsi se-Indonesia berkumpul untuk bersaing memperebutkan predikat Guru Inovatif Terbaik. Dalam kategori SMA, Erma bersaing dengan 37 guru perwakilan dari sabang hingga merauke.

Proses seleksi 2 hari pada tanggal 21-22 November 2023 dengan sistem undian. Terpanggil pada urutan ke-35 pada sore hari 22 November, presentasi Erma berjalan lancar, memukau para juri dengan data yang disampaikan dan inovasi yang memberikan dampak positif luas di masyarakat.

Pada acara puncak tanggal 24 November 2023, Erma Widayanti dinobatkan sebagai Guru Inovatif Terbaik 2023 Kategori SMA. Prestasi ini membuka pintu bagi Erma untuk menghadiri Upacara Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, bersama dengan Menteri Nadiem Makarim.

Tidak hanya itu, Erma sebagai yang terbaik pertama juga mendapat kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Seminar Masa Depan Bangsa Kemendikbud RI secara daring pada tanggal 30 November 2023 dengan tema “Serentak Bergerak Rayakan Merdeka Belajar.” Prestasi Erma menjadi inspirasi bagi seluruh guru di Indonesia untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan.

 

https://youtu.be/1U_Hscoko_8?si=y_LzjcjXhkaTHKBi