45 Siswa SMAN 8 Malang bersaing 270.004 Siswa SMA/MA Se-Indonesia dalam Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota

Kamis, 6 April 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan  Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) tahun 2023 untuk jenjang SMA/MA. Sebanyak 270.004 peserta didik dari seluruh provinsi di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) mengikuti OSN-K jenjang SMA/MA secara daring pada 5-6 April 2023. Dengan rincian sembilan bidang yang dilombakan yaitu Astronomi diikuti 22.771 peserta, Biologi diikuti 35.189 peserta, Ekonomi diikuti 32.170 peserta, Fisika diikuti 30.609 peserta, Geografi diikuti 31.848 peserta, Informatika diikuti 25.335, Kebumian diikuti 24.721 peserta, Kimia diikuti 32.820 peserta, dan Matematika diikuti 34.541 peserta.

Pada pelaksanaan OSN ini para peserta didik berkompetisi melalui serangkaian tahapan berjenjang mulai dari Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S), Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) hingga tingkat nasional yaitu OSN. OSN-K merupakan tahapan seleksi untuk menuju OSN-P. Dalam pelaksanaan OSN-K, siswa mengerjakan soal-soal secara daring melalui aplikasi OSN-K 2023 di sekolah masing-masing menggunakan sistem pengawasan ujian online proctoring. Pengawasan dilakukan secara langsung oleh pengawas.

SMAN 8 Malang mendelegasikan siswa siswi terbaiknya dalam perlombaan ini, masing-masing bidang lomba diwakili oleh 5 orang peserta dari kelas X dan XI yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi di sekolah. Semua para peserta OSN di SMAN 8 Malang mendapatkan bimbingan intensif dari pihak luar yang merupakan kerjasama pembinaan peserta OSN dari MKKS SMA Kota Malang. Pembimbingan dilakukan di SMAN 3 Malang yang terjadwal untuk masing-masing mata pelajaran. Tidak hanya itu peserta juga mendapatkan bimbingan dari pihak guru SMAN 8 Malang sehingga peserta diharapkan siap untuk bersaing di ajang OSN ini.

Pada hari Rabu (5/4/2023), bidang yang dilombakan adalah Ekonomi, Biologi, Fisika, dan Geografi. Selanjutnya pada hari kedua, Kamis (6/4/2023) diujikan bidang Kimia, Astronomi, Kebumian, Matematika, dan Informatika. OSN tahun 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi”. Untuk teknis pengawasan dalam kegiatan ini adalah pengawas silang, sehingga guru dari SMA lain yang akan mengawas di SMAN 8 Malang. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan OSN benar-benar jujur dan terbuka, sehingga para peserta dapat bersaing secara adil.

Pada tahun-tahun sebelumnya SMAN 8 Malang telah menorehkan prestasi dengan mengirimkan beberapa kandadit OSN di tingkat Provinsi, harapannya tahun ini lebih banyak lagi peserta dari SMAN 8 Malang yang mampu mewakili Kota untuk berlaga ditingkat Provinsi hingga Nasional.