Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMAN 8 Malang 2023

Malang, 31 Agustus 2023 – Pada hari Rabu dan Kamis, 30-31 Agustus 2023, SMAN 8 Malang menjadi tuan rumah pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini merupakan salah satu momen penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik secara nasional. ANBK tahun ini melibatkan 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang telah terpilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengikuti asesmen ini.

Peserta yang terpilih untuk mengikuti ANBK sudah terdaftar sebelumnya dalam sistem BIOAN. ANBK tahun ini terbagi dalam dua hari, dengan hari pertama berlangsung pada hari Rabu dan hari kedua pada hari Kamis. Kegiatan diadakan dalam dua laboratorium komputer yang telah disiapkan dengan baik oleh SMAN 8 Malang.

Pada hari pertama, peserta ANBK diuji dalam literasi dan survey karakter. Soal-soal literasi menguji kemampuan peserta dalam membaca, menulis, dan memahami informasi. Sementara itu, survey karakter bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta. Hari kedua menguji kemampuan numerasi peserta, termasuk kemampuan dalam matematika. Selain itu, juga dilakukan survey lingkungan belajar untuk mengevaluasi pengaruh lingkungan terhadap pembelajaran peserta.

Selama pelaksanaan ANBK, para peserta didik ditempatkan dalam lingkungan yang kondusif dan didukung oleh fasilitas komputer yang memadai. Mereka juga diawasi oleh pengawas yang berasal dari SMAN 9 Malang, yang bertugas untuk memastikan integritas dan keadilan selama pelaksanaan ujian.

Kegiatan ANBK di SMAN 8 Malang berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti. Peserta didik telah menunjukkan komitmen dan fokus mereka dalam menjawab setiap soal dengan baik. Selain itu, kerja sama antara sekolah tuan rumah dan tim pengawas dari SMAN 9 Malang juga berjalan dengan baik, menjaga proses ujian berjalan dengan lancar.

Pihak sekolah, termasuk para panitia ANBK, telah bekerja keras untuk memastikan kelancaran Kegiatan ANBK ini. Hasil dari ANBK ini akan menjadi dasar penting dalam mengevaluasi efektivitas pembelajaran di SMAN 8 Malang dan juga akan digunakan untuk pemetaan kemampuan peserta didik secara nasional. Dengan suksesnya ANBK di SMAN 8 Malang tahun ini, harapan besar terpancar untuk perkembangan pendidikan yang lebih baik di masa depan. Kegiatan ini bukan hanya sebuah ujian, tetapi juga peluang untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan memberikan pengalaman berharga bagi para peserta didik dalam menghadapi tantangan di era global yang semakin kompleks.