Dispendukcapil Gelar Perekaman KTP Elektronik di Sekolah SMAN 8 Malang: Inovasi Program Gampil

Malang, 3 Agustus 2023 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang meluncurkan program inovatif “Gampil” (Gesit, Aktif, Merakyatnya Dispendukcapil) dengan menggelar perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di beberapa sekolah, termasuk SMAN 8 Malang. Pada tanggal 2 Agustus 2023, kegiatan perekaman dilakukan dengan cara mengisi Google Form dari pihak Dispendukcapil yang sebelumnya telah dikirimkan ke sekolah tersebut.

Inisiatif perekaman KTP elektronik di sekolah ini merupakan bagian dari upaya Dispendukcapil Kota Malang untuk mempermudah akses masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, khususnya bagi para peserta didik. Dengan melibatkan sekolah sebagai lokasi perekaman, diharapkan proses administrasi kependudukan menjadi lebih efisien dan dapat dilakukan tanpa mengganggu waktu belajar peserta didik.

Sebanyak 123 peserta didik dari SMAN 8 Malang mendapatkan pelayanan langsung dari petugas Dispendukcapil pada kegiatan perekaman tersebut. Dalam pelayanan ini, para petugas berkomitmen untuk memberikan layanan yang cepat, tepat, dan ramah kepada setiap peserta didik yang menghadiri acara tersebut. Tidak hanya memastikan perekaman berjalan lancar, tetapi juga memberikan informasi mengenai pentingnya memiliki KTP elektronik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Dispendukcapil Kota Malang, Bapak Ahmad Santoso, menyatakan bahwa program “Gampil” ini merupakan langkah nyata dalam upaya mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Ia mengungkapkan, “Dengan melibatkan sekolah sebagai tempat perekaman KTP elektronik, kami berharap masyarakat, khususnya para peserta didik, lebih mudah dan cepat dalam mengurus dokumen kependudukan. Selain itu, melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki KTP elektronik dalam kehidupan sehari-hari.”

Inovasi program “Gampil” ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya para orang tua siswa dan peserta didik. Beberapa orang tua menyatakan apresiasi atas langkah pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan akses administrasi kependudukan. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir tingkat pengangguran yang disebabkan oleh sulitnya mendapatkan akses ke dokumen kependudukan.

Dalam kegiatan tersebut, Dispendukcapil juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi. Para peserta didik diingatkan untuk tidak memberikan informasi sensitif kepada pihak yang tidak berwenang. Data kependudukan yang terekam dalam KTP elektronik merupakan informasi yang bersifat pribadi dan harus dijaga kerahasiaannya. Melalui inovasi program “Gampil,” Dispendukcapil Kota Malang menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan melibatkan lembaga pendidikan, diharapkan proses administrasi kependudukan menjadi semakin mudah, cepat, dan efisien. Keberhasilan kegiatan perekaman KTP elektronik di sekolah SMAN 8 Malang menjadi contoh positif untuk diikuti oleh sekolah lainnya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.