In House Training: Menguatkan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMAN 8 Malang

Pendidikan merupakan aspek penting dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk itu, SMAN 8 Malang mengadakan In House Training dengan durasi tiga hari bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan staf di SMAN 8 Malang, dan dipandu oleh narasumber yang ahli di bidangnya.

Hari Pertama: Memotivasi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pada hari pertama In House Training, narasumber pertama adalah Askan Setiabudi, C.I, C.Ht dari TIPS Indonesia. Beliau menyampaikan materi tentang motivasi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan dari sesi ini adalah untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta agar tetap berkomitmen dalam memberikan pendidikan yang berkualitas bagi siswa.

Selanjutnya, Dr. Retno Kinteki, S.Sos, memberikan penguatan konsep P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bagi para guru. Dalam sesi ini, peserta dibekali dengan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan berdaya saing.

Hari Kedua: Kebijakan Pemerintah dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Hari kedua In House Training diawali dengan pemaparan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan oleh Dr. Dra. Ema Sumiarti, M.Si, selaku Kacabdin Pendidikan wilayah Kota Malang dan Kota Batu. Peserta diberikan wawasan tentang arah kebijakan pemerintah terkait pendidikan, serta upaya dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional.

Selanjutnya, Dr. Dyah Mawarti Hertiningsih, M.M., sebagai Pengawas Pembina SMAN 8 Malang, memberikan materi tentang kebijakan sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan baru dalam pendidikan yang mendorong siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

Hari Terakhir: Guru Berbagi dan Petunjuk Teknis Kegiatan Tugas Kelompok

Pada hari terakhir kegiatan In House Training, guru penggerak SMAN 8 Malang berbagi pengalaman dan inovasi dalam Merdeka Belajar. Guru-guru ini telah berhasil mengimplementasikan pendekatan baru dalam pembelajaran dan berbagi wawasan serta tantangan yang dihadapi.

Selain itu, dilakukan sesi petunjuk teknis kegiatan tugas kelompok yang akan diberikan kepada siswa dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Guru penggerak SMAN 8 Malang memandu peserta dalam merancang dan melaksanakan tugas kelompok terbimbing dengan baik. Kegiatan In House Training ini berhasil menciptakan lingkungan yang inspiratif dan memberikan banyak manfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN 8 Malang. Semoga dengan peningkatan kompetensi ini, SMAN 8 Malang dapat terus berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus yang unggul dan berdaya saing di tingkat lokal maupun nasional.