Pada tanggal 10 Muharram, seluruh guru dan peserta didik SMAN 8 Malang merayakan peringatan yang istimewa dengan mengadakan rangkaian kegiatan keagamaan.

Pengajian, sholawat, dan istighosah bersama menjadi momen yang penuh khusyuk dan berarti bagi para hadirin yang menginginkan peningkatan keimanan dan kedekatan dengan Allah SWT.

Acara dimulai dengan mengalunkan sholawat yang dipandu oleh Pak Fahrur, guru agama, dan albanjari SMAN 8 Malang. Keharmonisan suara dari albanjari (grup musik religi) semakin menambah khidmat suasana. Para peserta didik dan guru berbaur bersama menyanyikan sholawat sebagai ungkapan rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Nada-nada suci sholawat memenuhi Masjid Al Inayah, menciptakan suasana yang mendalam dan penuh keberkahan.

Setelah sholawat, acara berlanjut dengan istighosah bersama. Para hadirin berdiri dalam saf yang rapi, tangan diangkat menghadap langit, dan hati penuh dengan pengharapan. Istighosah menjadi wadah untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT serta mendoakan kebaikan dan kemaslahatan umat dan bangsa.

Acara inti adalah pengajian yang disampaikan oleh Ustad Rifki, guru agama di SMAN 8 Malang. Dengan pengetahuannya yang mendalam tentang Islam, Ustad Rifki memberikan tausiyah yang membangkitkan semangat keagamaan para peserta. Dalam pengajiannya, beliau mengangkat tema tentang pentingnya merenungkan peristiwa Asyura dan mengambil hikmah dari ketabahan Nabi Musa AS dan kaumnya menghadapi ujian dari Allah SWT. Pesan tentang kesabaran, keikhlasan, dan keimanan menjadi pijakan bagi para hadirin untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih tegar dan tawakal.

Peringatan 10 Muharram di SMAN 8 Malang ini merupakan wujud nyata kebersamaan dalam kegiatan keagamaan. Melalui pengajian, sholawat, dan istighosah bersama, para guru dan peserta didik menunjukkan rasa syukur dan ketulusan hati dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semangat keikhlasan dan pengabdian kepada Tuhan terasa begitu kental dalam acara ini.

Acara tersebut juga menjadi wadah bagi para peserta untuk memperdalam pemahaman tentang ajaran agama dan menguatkan ikatan persaudaraan Islami. Dengan pengajaran dari Ustad Rifki dan suasana keagamaan yang tercipta, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan keimanan, berbakti kepada sesama, dan selalu mengingat Allah dalam setiap langkah kehidupan mereka. Peringatan 10 Muharram di SMAN 8 Malang ini adalah bukti nyata bahwa pendidikan agama menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik bagi peserta didik. Semoga semangat kebersamaan dan keikhlasan yang diwujudkan dalam acara ini tetap terjaga dan memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari para peserta didik, serta menjadi inspirasi bagi seluruh warga sekolah untuk terus mempererat tali ukhuwah Islamiyah dan menghidupkan semangat keagamaan dalam setiap aspek kehidupan.