Pesantren Ramadan di SMAN 8 Malang Memperdalam Makna Puasa dan Ibadah Totalitas

SMAN 8 Malang menyelenggarakan pesantren Ramadan bertema “Puasa Tuntas, Ibadah Totalitas, berpikir cerdas, berakhlak, dan berintegritas sebagacerminan remaja muslim berkualitas.” Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap. 18-19 Maret untuk pelajar putra, dan 20-21 Maret untuk pelajar putri. Acara ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang puasa serta pentingnya ibadah yang totalitas bagi remaja muslim.
Pesantren Ramadan diawali dengan kegiatan pembukaan yang disemarakkan oleh pembacaan ayat suci Al-Quran dan sambutan dari kepala sekolah. Kegiatan inti pesantren meliputi Kupas Fiqih Puasa, Tadarus Quran dan Kajian Tajwid, diskusi kelompok, dan sesi tanya jawab tentang puasa, zakat, dan ibadah lainnya.
Fokus tema yang diangkat dalam pesantren ini adalah tentang pentingnya berpikir cerdas dalam menjalankan ibadah, serta bagaimana berakhlak dan berintegritas sebagai cerminan remaja muslim berkualitas. Para peserta diajak untuk memahami bahwa puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menuntut pengendalian diri, kejujuran, dan kesabaran dalam berinteraksi dengan sesama. Kegiatan pesantren ramadan ditutup dengan berbuka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah.
Pesantren Ramadan di SMAN 8 Malang ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang puasa, ibadah, berakhlak, dan berintegritas, diharapkan para siswa dapat menjadi teladan bagi remaja muslim lainnya dalam berkualitas dan bermartabat.