Upacara Hari Lahir Pancasila : Menjaga Arti Kebhinekaan

Malang, 1 Juni 2024 – SMA Negeri 8 Malang menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung dengan khidmat. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Sebagai pembina upacara, Bapak Drs. Teguh Santosa, Guru PPKn SMAN 8 Malang, memberikan pidato yang menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai panduan moral bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keunikan upacara kali ini terlihat dari pakaian yang dikenakan para peserta. Seluruh peserta upacara, mulai dari siswa hingga guru, mengenakan pakaian adat dan batik khas Nusantara. Hal ini memberikan nuansa kearifan lokal yang kuat serta menambah kesan keberagaman budaya Indonesia. Pakaian adat dari berbagai daerah, seperti kebaya, baju bodo, ulos, hingga baju kurung, dipadukan dengan batik yang elegan, mencerminkan kekayaan budaya bangsa.

Dengan semangat Pancasila, SMA Negeri 8 Malang berkomitmen untuk terus mendidik generasi muda yang berkarakter, berprestasi, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi. Penampilan pakaian adat dan batik Nusantara dalam upacara ini menjadi simbol kebhinekaan yang indah dan memperkokoh persatuan di tengah keberagaman.